Rakornas LPSE dan Ekonomi Daerah

28 Nov 2011

Rakor ke-7 LPSE Nasional yang diselenggarakan minggu lalu di Sanur - Bali, dihadiri 700 orang lebih (termasuk panitia). Sekitar 2 milyar biaya dikeluarkan untuk penyelenggaraannya.

Ada satu daerah yang berminat ketempatan rakor LPSE Nasional tahun depan. Mungkin jumlah peserta yang hadir dapat mencapai 1000 orang atau lebih. Biasanya, LKPP menyelenggarakan 2 kali rakor setahun. Rakor pertama di Jakarta dan rakor kedua di luar jakarta (Batam, Balikpapan, Bali). Persiapan rakor ternyata cukup panjang. Ketika kita baru selesai menyelenggarakan rakor ke-7, kita sudah dihadapkan untuk persiapan rakor ke-8.

Ada wacana untuk menyelenggarakan rakor cukup 1 kali mengingat jumlah peserta yang semakin besar. Kemungkinan akan diselenggarakan di luar Jakarta dengan pertimbangan ekonomi daerah. Hem…. Menarik juga.

Rakor ke-7 minggu lalu mungkin telah mendatangkan 2-3 milyar rupiah ke Bali untuk hotel serta transportasi serta belanja 700 orang selama di Bali. Uang sebesar ini mungkin tidak ada artinya untuk ukuran Bali, namun jika untuk daerah lain bisa jadi cukup signifikan. Jika ada banyak kegiatan pemerintah pusat yang dialihkan ke daerah-daerah tentau uang yang mengalir ke daerah menjadi cukup besar.


TAGS


-

Author

Follow Me