Konsolidasi Data

18 Nov 2011

Penetrasi LPSE ternyata jauh lebih cepat dari yang saya bayangkan. Tahun 2011 relatif tidak banyak fitur yang kami kembangkan karena resource tersedot untuk bug fixing, update patch, serta pengembangan sistem lain (Inaproc, ADP, dan e-catalog). Salah satu yang belum bisa kami selesaikan adalah konsolidasi data.

Isian kode anggaran (MAK) telah ada pada sistem namun ternyata isinya tidak akurat. Ada yang mengisi namun tidak lengkap karena hanya beberapa digit awal atau beberapa digit terakhir yang dimasukkan.

Implementasi LPSE menggunakan pendekatan geografis. Oleh karena itu, hierarchy instansi tidak lagi relevan. Politeknik Kesehatan Surakarta yang berada di bawah Kementerian Kesehatan (DIPA-nya berasal dari Kemenkes) tidak melakukan lelang di LPSE Kemenkes namun di LPSE Provinsi Jawa Tengah.

Politeknik Kesehatan Surakarta

Lelang oleh Poltek Kesehatan Surakarta di LPSE Provinsi Jawa Tengah

Kebutuhan yang ada sekarang adalah Kementerian Kesehatan ingin memantau lelang semua satuan kerja di bawahnya terlepas dari satuan kerja tersebut mengadakan lelang di LPSE Kemenkes atau bukan. Saat ini kami di LKPP sedang melakukan konsolidasi data sehingga dapat diperoleh hirarki satuan kerja dan instansinya tanpa melihat LPSE.

Ada juga kasus, bahasa kerennya spin-off atau pemisahan diri. Tahun 2010, LKPP menyelenggarakan lelang e-procurement di LPSE Kementerian Keuangan. Pada tahun 2011, LKPP menyelenggarakan sendiri LPSE sehingga memiliki sistem sendiri. Beberapa instansi juga berpotensi seperti ini. Salah satunya adalah Kabupaten Bantul.

Kami di LKPP sedang membuat sistem konsilidasi data yang melakukan pemetaan, satuan kerja (hingga November 2011 tercatat 11 ribu satker) A berada di instansi mana. Ini merupakan pekerjaan yang cukup besar. Sepertinya kami juga harus melakukan klarifikasi ke LPSE yang bersangkutan jika kami tidak bisa memutuskan satuan kerja tertentu berada di instansi mana.

Tantangan berikutnya adalah perubahan struktur organisasi yang sering terjadi. Ini juga memerlukan effort tersendiri untuk konsilidasi.


TAGS


-

Author

Follow Me