‘Kuncing Animasi’ pada LPSE Prov Jatim

13 Sep 2011

Tanggal 24 Agustus kami mendapat berita di Koran Jawa Pos bahwa LPSE Provinsi Jawa Timur dibobol hacker. Akibatnya, web LPSE Provinsi Jawa Timur berubah menjadi gambar kucing animasi (lihat beritanya).

Gambar yang dimaksud adalah logo Apache Tomcat di bawah ini:

tomcat Sebenarnya tidak ada hacker yang membobol situs LPSE. Gambar kucing tersebut merupakan tampilan default aplikasi Tomcat. Aplikasi Tomcat merupakan aplikasi yang menjalankan SPSE. Ketika itu, server LPSE mengalami gangguan sehingga tampilan default tersebut muncul.

Alhamdulillah kami telah dapat menyelesaikan masalah tersebut. Kini LPSE Provinsi Jawa Timur telah berjalan dengan baik setelah kami tune up servernya menyesuaikan dengan peningkatan jumlah pengguna.

Kami pernah mengalami hal serupa di LPSE Provinsi Jawa Barat pada tahun 2009 dan 2010. Ketika itu, gubernur mewajibkan seluruh lelang dilakukan secara elektronik. Belum lagi LPSE yang secara gencar mengajak instansi lain melakukan lelang di LPSE Provinsi Jawa Barat menyebabkan jumlah paket yang dilelang mencapai ratusan. Kondisi server yang belum di tune up menyebabkan server sering overload ketika pengguna yang mengakses sangat banyak. Batas akhir pemasukan penawaran yang sama pada banyak paket juga mempengarui jumlah pengakses (concurrent user).


TAGS


-

Author

Follow Me