Akhirnya Ada yang Memahami Distributed System LPSE

18 Jun 2011

Minggu lalu ada konsultan dari USA datang ke kantor untuk melakukan assessment sistem LPSE. Fabian, nama konsultan tersebut, sepertinya memiliki latar belakang software development yang cukup kuat. Dari sekian banyak orang mempertanyakan sistem terdistribusi, baru Fabian ini yang dapat dengan mudah memahami pendekatan distributed system yang diterapkan pada LPSE.

Pada Rapat Koordinasi ke-6 LPSE Nasional yang diselenggarakan pada 7-9 Juni 2011, LKPP mengundang Johnny Swandi Sjam mantan Direktur Utama Indosat yang saat ini menjabat komisaris PT Telekomunikasi Indonesia. Pada awalnya, beliau juga belum bisa memahami pendekatan distributed system ini. Mengapa tidak menggunakan cloud computing yang sekarang ini telah lazim digunakan? Begitu pertanyaan yang muncul.

Pak Johnny memberikan arahan tentang layanan IT berkaca pada model bisnis telekomunikasi. Para peserta sangat antusias dengan presentasi tersebut. Peserta menanyakan tentang kendala akses internet di daerah masing-masing dan berharap agar PT Telkom dapat memfasilitasi mereka. Ownership terhadap sistem LPSE sangat terlihat dari antusiasme serta pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Pada akhirnya, Pak Johnny dapat memahami dan sangat mendukung pendekatan distributed system ini.


TAGS


-

Author

Follow Me