Play! Java Framework

25 May 2011

Kali ini posting saya cukup teknis. Sudah lama saya tidak coding. Namun karena teman-teman teknis terlalu sibuk dengan urusan rutin, saya luangkan waktu untuk riset tentang framework Java.

Atas rekomendasi rekan saya, Nugroho DS, saya mempelajari Play! Framework. Nugrohos DS sendiri saat ini merupakan programmer freelance yang mendapat order online dari berbagai negara sehingga rekomendasinya saya yakin sip.

Selama ini kami menggunakan Tapestry+Spring+iBatis untuk SPSE. Konon, Nugroho DS pula yang membangun pondasi SPSE. Kala itu di tahun 2005-2006 pilihan framework masih tidak terlalu banyak. Pilihan jatuh di Tapestry3+Spring+iBatis karena model pemisahan antara view dan business logicnya sangat kuat.

Play! Framework diciptakan (baru tahun 2009 kalau tidak salah) tentunya setelah meramu kelebihan berbagai framework yang ada dan memperbaiki kelemahannya. Play banyak kesamaan dengan Grail. Saya sendiri belum pernah menjajal Grail. Namun dibandingkan Tapestry+Spring+iBatis maka Play:

  1. Play! bersifat stateless. Karena stateless, ia hanya mengandalkan Cookie dan URL. Ini sangat membantu ketika kita dalam proses development di mana programmer tidak harus login, klik sana-sini ketika debug di halaman tertentu. Cukup restart web server dan refresh (F5)
  2. Play! melakukan dinamic class loading di hampir semua class. Artinya, programmer cukup edit Java code, save, lalu tekan F5 pada browser. Karena tidak ada session, maka halaman web yang di-debug langsung bisa running tanpa login lagi.
  3. ActiveRecord sangat memudahkan programmer karena cukup satu class (bean) untuk akses ke database (tanpa XML babar blas). Pada framework sebelumnya untuk satu tabel di database perlu disiapkan:
    - Bean
    - Interface DAO
    - DAO implementation
    - XML mapper
    - XML untuk create DAO yang digunakan oleh Spring
  4. View yang digunakan sangat fleksibel. Kita dapat menggunakan jQuery dan dapat mengakses langsung elemen pada Play. Kita cukup sulit jika harus mengintegrasikan jQuery atau AJAX dengan Tapestry3.


TAGS


-

Author

Follow Me