Penerapan Agregasi Data Penyedia

21 Apr 2011

Beberapa waktu yang lalu LKPP kedatangan tamu orang Inggris, begitu anak saya menyebut orang bule. Yang dimaksud adalah konsultan dari Asian Development Bank. Mereka berencana menggunakan SPSE untuk proyek-proyek hibah dan pinjaman di Indonesia. Kedatangan mereka saat ini untuk mengadakan assesment apakah SPSE sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak. Jika menilik dari Peraturan Presiden Nomor 54/2010, pada pasal 2 ayat (2) disebutkan bahwa

Pengadaan Barang/Jasa yang dananya bersumber dari APBN/ APBD sebagaimana dimaksud pada ayat (1), mencakup Pengadaan Barang/Jasa yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari pinjaman atau hibah dalam negeri yang diterima oleh Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah.

Salah satu yang menjadi catatan orang Inggris tadi adalah perlunya penyedia barang/jasa mendaftar di setiap LPSE. Tetapi saya bilang, gak usah kuatir mister, kita sedang dalam tahap penerapan Agregasi Data Penyedia. Si mister bilang “Single Sign On” maksud lu?

Benar SSO - Single Sign On. Istilah Agregasi Data Penyedia (ADP) sudah kadung dipakai di mana-mana, padahal SSO mungkin lebih tepat dan dapat dipahami orang dengan mudah. Oke lah, gak apa-apa yang penting sekarang ADP sudah diterapkan. Berikut ini sedikit gambaran status ADP per 21 April 2011

adp2 Pada tahap pertama penerapan ADP, kami pilih 6 LPSE. LPSE nomor 1-3 merupakan LPSE baru yang belum atau sedikit memiliki data penyedia sedangkan LPSE nomor 4-6 telah memiliki banyak penyedia. Setelah satu bulan penerapan ADP, 40% penyedia telah melakukan aktivasi di LPSE.

Pada tahap kedua, ADP akan diterapkan di LPSE Prov. Jawa Barat, ITB, Kota Depok, serta daerah sekitar Jakarta. Sebenarnya cukup banyak daerah yang meminta penerapan ADP. Namun, kami perlu penerapan secara bertahap. Ketika sebuah LPSE dimasukkan di dalam ADP, ada proses inisisasi yang mengharuskan administrator ADP untuk melakukan pekerjaan scrutinize. Administrator akan mengecek data-data yang sama di Inaproc LKPP dan menentukan aktivasi yang harus dilakukan oleh penyedia.


TAGS agregasi


-

Author

Follow Me