Agregrasi Data Penyedia Melalui INAPROC

14 Jun 2010

Ini merupakan kelanjutan tulisan sebelumnya tentang http://lpse.blogdetik.com/2010/05/05/roaming-penyedia-antar-lpse-segera-diluncurkan/.

Sistem Agregrasi Data Penyedia (ADP) telah memasuki tahap akhir pengembangan. Kami telah mengadakan workshop dengan melibatkan LPSE Provinsi DIY dan LPSE Kota Yogyakarta yang akan menjadi tempat pertama implementasi ADP ini. ADP akan menyandang brand INAPROC (Portal Pengadaan Nasional) karena ke depan, setelah semua LPSE teragregrasi maka istilah ADP tidak akan dikenal orang. Brand INAPROC sengaja saya angkat karena Istilah ini yang disebutkan dalam Draf Perpres Pengadaan Barang/Jasa pengganti keppres 80/2003.

Secara teknis tidak akan ada kendala berarti dalam implementasi ADP ini. Pada prinsipnya hanya akan terjadi salah satu dari 3 hal berikut ini:

  1. Penyedia hanya memberikan persetujuan OK dan roaming akan berfungsi.
  2. Penyedia mengganti User ID yang lama dengan User ID baru.
  3. Beberapa User ID yang diidentifikasi sebagai perusahaan yang sama berdasarkan NPWP dan alamat domisili akan menggunakan salah satu User ID tersebut; sementara itu User ID yang lain akan dinonaktifkan.

Aspek non teknis yang masih perlu dibahas adalah kepemilikan data serta standarisasi verifikasi. Ini yang akan dibicarakan lebih lanjut.


TAGS


-

Author

Follow Me