Batas Akhir Upload Penawaran Jangan Terpusat di Tanggal Tertentu

11 Feb 2010

Sekali lagi saya ingin membahas masalah waktu upload dokumen. Tulisan sebelumnya berisi saran kepada panitia agar batas akhir upload penawaran di malam hari. Cara lain untuk mencegah menumpuknya aktifitas upload penawaran oleh penyedia pada waktu tertentu adalah dengan mendistribusikan batas waktu penawaran.

Sebagian panitia pengadaan, umumnya konstruksi, memiliki sejumlah paket dengan jadual yang sama. Pada lelang konvensional, hal ini cukup lazim dan memudahkan bagi panitia untuk memproses pengadaan tersebut. Katakanlah ada 60 paket pekerjaan konstruksi yang dilelang bersamaan. Proses aanwijzing berlangsung pada saat bersamaan di tempat yang sama. Waktu pemasukan penawaran untuk 60 paket tersebut juga pada hari dan jam yang sama.

Praktek tersebut tidak dapat diterapkan pada lelang secara elektronik. Seperti pada pembahasan sebelumnya, panitia sedapat mungkin membedakan batas akhir upload penawaran. Katakanlah ada 60 paket pekerjaan konstruksi yang dilelang oleh satu panitia. Mereka dapat mengatur batas akhir penawaran 60 paket tersebut dengan mengelompokkan menjadi 10 kelompok dengan masing-masing terdiri 6 paket. Masing-masing kelompok diatur batas akhir upload mulai jam 19 malam dengan selisih satu jam, 3 jam,6 jam, atau 12 jamuntuk setiap kelompok paket. Meskipun lebih sulit dilaksanakan, distribusi jadual upload ini perlu dikoordinasikan juga dengan panitia-panita lain yang menggunakan server LPSE yang sama. Pengelola LPSE dapat melakukan sosialisasi tentang hal ini.

Sekali lagi ini menyangkut perubahan paradigma dari konvesional menjadi elektronik. Mungkin masih berat untuk menerapkan hal ini. Namun dengan berjalannya waktu dan pengalaman , saya yakin panitia akan mulai dapat membedakan karakterisitik pemasukan penawaran antara lelang konvensional dengan elektronik.


TAGS upload panitia penawaran jadwal


-

Author

Follow Me