Batas Akhir Upload Penawaran Sebaiknya di Malam Hari

10 Feb 2010

Lelang secara online tidak memiliki batasan waktu, berbeda dengan lelang konvensional. Batasan pada lelang secara elektronik adalah kapasitas bandwidth internet. Pada lelang konvensional, kebiasaan yang selama ini berkembang adalah panitia menetapkan batas akhir penawaran pada jam kerja, katakanlah jam 10 pagi. Lima belas menit berikutnya diikuti dengan pembukaan penawaran dengan dihadiri oleh peserta lelang. Praktek yang lazim terjadi adalah peserta pengadaan datang ke kotak pemasukan penawaran, beberapa menit sebelum waktu habis.

Praktek semacam ini tidak bisa diterapkan pada e-procurement. Upload dokumen penawaran memerlukan waktu yang tidak sedikit dan sangat tergantung dengan

  1. jumlah peserta
  2. ukuran dokumen
  3. bandwidth internet tempat peserta melakukan upload
  4. bandwidth internet server LPSE.

Upload dokumen bisa memakan waktu beberapa menit hingga lebih dari satu jam. Jika sebagian peserta upload pada 15 menit terakhir, tidak ada jaminan dokumen akan sampai dalam waktu 15 menit kecuali di-upload dari bidding room LPSE.

Dari sisi panitia, ada paradigma yang harus diubah. Pada lelang secara elektronik, mereka dapat mengatur batas waktu upload menjadi malam hari (misalkan jam 12 malam atau jam 6 pagi). Pada malam hari, lalu lintas internet jauh lebih lancar sehingga bisa mengurangi kemungkinan kegagalan karena vendor upload pada menit-menit terakhir.

Opsi ini sebenarnya juga tidak menjadi jaminan. Jika tetap saja terjadi upload oleh peserta lelang di menit-menit terakhir (meskipun tengah malam), kegagalan tetap bisa terjadi. Namun ini perlu dicoba.


TAGS upload panitia


-

Author

Follow Me