Sistem Pelaporan

30 Jun 2009

Reporting atau pelaporan merupakan salah satu fungsi penting dari semua sistem informasi. Laporan sangat diperlukan bagi jajaran pengambil keputusan. Selain itu, dari laporan dapat diketahui kinerja sistem pada period tertentu.

Karena kebutuhan tersebut, LPSE akan segera dilengkapi dengan sistem pelaporan. Pelaporan LPSE terdiri dari dua macam

  1. Laporan LPSE non pusat
  2. Laporan LPSE Pusat

Laporan LPSE non pusat adalah laporan yang dibuat oleh masing-masing LPSE untuk keperluan internal mereka. Laporan LPSE pusat adalah agregrasi laporan dari seluruh LPSE yang dibuat oleh LPSE Pusat.

Pendekatan

LPSE Pusat akan mengembangkan sistem pelaporan bukan membuatkan laporan. Artinya, LPSE Pusat tidak akan membuatkan laporan dalam format tertentu untuk dipakai oleh para mengguna. LPSE Pusat akan membuat sistem dan mengajarkan kepada para administrator LPSE cara membuat laporan dengan data-data yang tersedia. Pendekatan ini dilakukan dengan tujuan:

  1. Pengelola LPSE harus dapat membuat laporan mereka sendiri karena bentuk laporan sangat sering berubah sesuai kebutuhan dan keinginan.
  2. Meningkatkan kemampuan pelaporan/reporting. Dengan adanya sistem pelaporan di LPSE diharapkan kemampuan mereka dapat diterapkan di sistem TI yang lain. Ini seusai dengan misi LPSE Pusat untuk berpartisipasi menyebarluaskan kemampuan TI bagi seluruh masyarakat.

Arsitektur

Sistem pelaporan akan dibuat terpisah dari production system. Hal ini bertujuan

  1. Keamanan production system tetap terjamin
  2. Kinerja production system tidak terganggu oleh proses pelaporan

Sementara itu, laporan di LPSE Pusat memerlukan data-data lelang di seluruh LPSE . LPSE Pusat akan membuat sebuah reporting server yang menerima data-data lelang seluruh LPSE. Data yang dikirim ke LPSE Pusat akan difilter terlebih dahulu sehingga hanya berisi data penting seperti: pemenang, pagu, nilai kontrak, dan jumlah penyedia.

Untuk itu, pengelola LPSE perlu menyediakan satu PC sebagai reporting engine atau mesin pelaporan. Di mesin itu akan dipasang database PostgreSQL dan data-data yang telah difilter. Pengelola LPSE dapat menggunakan berbagai macam tools untuk membuat report, misalnya Crystal Report MS Access.


TAGS Reporting


-

Author

Follow Me